Minggu, 26 Juni 2016

Perjalanan Seleksi Mitsui Bussan Scholarship 2016 yang diberkati dan disertai Tuhan

Halo semuanya!!

Setelah beberapa lama tidak menulis, akhirnya ada kesempatan lagi untuk menulis buat saya huehehe. Kali ini Jerome mau membagikan pengalaman mengenai Anugerah dan Penyertaan Tuhan dalam Seleksi beasiswa Mitsui Bussan 2016 yang Puji Tuhan dapat menghantarkan mimpi Jerome sejak kecil untuk mendapatkan beasiswa Full untuk melanjutkan studi diluar negeri.


[Update] Karena banyaknya pertanyaan yang diberikan, maka Aku dan 3 orang penerima Beasiswa Mitsui Bussan angkatan 2016 dan 2017 sudah membuat video Q&A seputar beasiswa Mitsui Bussan mulai dari proses seleksi, Tips dan Trik mengikuti seleksi, kehidupan setelah di Jepang, dll. Video tersebut bisa kalian lihat di channel youtube saya, linknya disini. 
Btw, di youtube channel itu, aku ngajarin bahasa Jepang dan membuat video seputar kehidupanku di Jepang!! Oke sekian updatenya, silahkan lanjutkan membaca! :D

BEASISWA MITSUI BUSSAN ITU APA SIH?

(Dari kak Tsamara Tsani, Peraih beasiswa mitsui bussan 2014)


Beasiswa Mitsui Bussan adalah beasiswa yang diberikan oleh Mitsui & Co, Ltd (Salah satu trading company terbesar jepang) untuk pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan S1 di Negeri Sakura, Jepang. Terbuka untuk siswa jurusan IPA/IPS bisa lihat di sini

Beasiswa ini telah terselenggara dari tahun 1992, Beasiswanya mencakup seluruh kehidupan dan pendidikan kita di jepang, living cost nya 150,000¥/month (lebih besar dari living cost S1 Monbukagakusho loh! hehe ini sangat cukup) jadi penerimanya tdk diperbolehkan kerja part time di Jepang. Ditambah lagi biaya accomodation (buat buku, dll),tiket ketika berangkat ke jepang (pertama kali), dan ketika pulang nanti. Programnya 5,5 tahun (1,5 tahun belajar bahasa Jepang + 4 tahun kuliah S1). Yang membedakan dengan Beasiswa Monbukagakusho adalah kami harus berjuang untuk mengikuti Entrance Test University di Jepang, mengikuti EJU, jadi belum dipastikan lulus atau tidak masuk university nya :’). Tapi tenang saja, banyak senior (senpai) yang sangat care dan siap membantu, selain itu juga pihak Mitsui selalu mengadakan pertemuan tiap bulan sekali untuk mengecek keadaan penerima beasiswanya, so when supports are everywhere, all you got to do is keep striving! Jadii, doaiin Jerome ya supaya bisa dapat universitas terbaik di Jepang yaa. Targetnya sih: University of Tokyo, Kyoto University, Osaka University, atau Tokyo Institute of Technology.


PENDAFTARAN


Jadi, pas itu kakak saya, Jehian Panangian Sijabat, dapet info tentang beasiswa Mitsui Bussan ini. Terus dia suruh saya coba-coba daftar siapa tau lolos wkwkwk. Sebelum saya daftar, saya searching dulu lah tentang beasiswa ini. Pas searching, KAGET!! Yang bakalan keterima cuma 2 orang dari seluruh Indonesia. "Aduh peluangnya kecil banget, tidak mungkin lah saya bisa dapet" dalam hati saya. Tapi gapapalah coba daftar aja.. Kalo Tuhan berkehendak, pasti Tuhan akan buka jalan dan memberkati setiap usahaku, gumamku dalam hati. 
Pendaftaran secara online dan gratis. Tahun 2016 ini dibuka tanggal 1 Febuari- 4 Maret 2016 . Selain mendaftar secara online, ada berkas-berkas yang harus kita kirim ke pihak Mitsui.
Lengkapnya:
1.Pendaftaran Online, melalui alamat website: http://www.mbkscholarship-id.com/

2.Pendaftaran melalui pos surat, semua dokumen berikut harus dikirim melalui surat:

1.Fotocopy / ‘print out’ formulir pendaftaran online : 1 copy
2. Foto 4×3 cm (harus baru, diambil 6 bulan terakhir): 2 copy
3. Fotocopy raport dari kelas X – XII semua semester, (pengecualian semester terakhir jika saat ini masih duduk di kelas XII SMA) yang sudah dilegalisir : 1 copy.
4.Nilai UAN jika sudah memiliki : 1 copy.
5.Surat rekomendasi (ditulis dalam bahasa inggris) dari kepala sekolah: 1 copy

Akhirnya aku memutuskan untuk mendaftar. Aku daftar secara online, aku pikir aku pendaftar ke 100an lah, ternyata aku pendaftar ke 5978, pesimis dah. Daftar secara online sudah selesai, lalu mulai mempersiapkan berkas-berkas yang harus dikirim. Setelah mengirimkan berkas, aku hanya bisa menunggu dan berdoa buat yang terbaik. Pengumuman yang lolos tahap ini akan dilakukan via email tanggal 26 Maret.


Berikut Time Schedule nya:





Tanggal 26 Maret, ada email masuk dari pihak Mitsui Bussan, bahwa saya dinyatakan lolos seleksi berkas dan berhak lanjut ke tahap berikutnya yaitu WRITTEN TEST yang akan diselenggarakan tanggal 10 April 2016 di Universitas Persada Jakarta.


Tesnya terdiri dari 2 mata pelajaran yaitu Matematika dan Bahasa Inggris. Aku berusaha searching materi apa yang akan keluar, soal-soal tahun lalu, tapi sama sekali tidak ada. Bingung, mau berangkat atau enggak, gimana harus bersiap? belajar apa? Dalam hati masih besar juga keraguan untuk berangkat karena biaya pesawat mahal, "kalo ga lolos gimana? kan biaya yang udah dikeluarin jadi sia-sia". Tapi Papa mama selalu dukung untuk berangkat. Akhirnya aku pun berangkat. 

Tanggal 9 April Udah sampai di Jakarta, sama Om dan Ii diajak untuk ke Universitas Persada. Hari sudah malam pada saat itu, dan sudah ditempel list peserta yang lolos seleksi berkas. Totalnya ada 164 orang untuk bidang IPA. Ternyata ada yang nomornya sampe Puluhan ribu, jadi yang mendaftar beasiswa ini kira-kira 20ribuan siswa. Beberapa nama tidak asing bagi saya, asal sekolahnya pun adalah sekolah yang sangat terkenal karena prestasi-prestasinya. Saya coba foto daftar pesertanya dan coba bertanya kepada beberapa teman saya apakah ada yang mengenal salah satu dari peserta ini. Beberapa teman saya bilang, "Lho itu si anu medalis OSN tuh, Lho si itu udah keterima KAIST tuh, lho itu keterima NTU, lho yang itu kan anak olimpiade sekolahku" dll. Khawatir, Minder, quote yang selalu saya pegang dalam menghadapi Ujian menguatkan saya:


"Lawan saya adalah soal dan diri saya sendiri, jika mereka bisa kerjakan dan saya bisa kerjakan, maka mereka dan saya akan lolos bersama". "Just do your best, and let God do the rest"


Malam itu saya menyerahkan diri saya pada Tuhan, saya berdoa dan bergumul. Saya juga mereview sedikit-sedikit tentang materi matematika, dan juga bahasa inggris.


SELEKSI TAHAP 1 - WRITTEN TEST


Pagi hari, sekitar pukul 7.30, 1 jam sebelum waktu pendaftaran ulang dibuka, Saya sudah sampai di Universitas Persada. Saya kaget karena sudah banyak sekali peserta yang berbaris didepan ruangan Tes. Saya pun ikutan berbaris. Saya sempat ngobrol dengan anak didepan saya, ternyata dia sudah Kuliah 1 tahun. Dalam barisan juga saya melihat beberapa anak mengeluarkan buku dan mereview berbagai materi, "haduh gimana ini rasanya cuma aku doang yang ga siap". Pendaftaran ulang pun dilakukan, dan dipersilahkan untuk duduk di tempat masing-masing sesuai nomor bangku. 


Pukul 09.30 tepat, dibagikan kertas ujian Matematika, terdiri dari 16 nomor. Total soal kira-kira 20 soal. Pas saya lihat sekilas, ada Pertidaksamaan, ada Integral bilangan natural, ada Volume benda putar, ada Vektor, ada Complex number, ada Number theory, dll. Sebelum mengerjakan saya sudah sedikit ragu apakah saya bisa mengerjakannya. Pengerjaan soal pun dimulai, puji Tuhan satu per satu soal bisa saya selesaikan. Ada soal Number Theory dan integral yang sempat membuat saya bingung. Saya berdoa, Tuhan tolong bantu saya. Saya coba terus dan akhirnya saya dapat menemukan jawabannya. kira-kira Pukul 9.50, saya berhasil menyelesaikan semua soal ujian matematika.


Saya melakukan pengecekan dari nomor 1 hingga nomor 16 dengan teliti (berhubung saya sering ceroboh), sampai 5 kali pengecekan baru saya yakin dan saya lega. 


10.30 Waktu pengerjaan tes matematika sudah selesai, saya keluar. Istirahat sampai jam 11, lalu jam 11 tepat dimulai tes bahasa inggris. Tes bahasa inggrisnya sangat-sangat kejam. Reading nya susah banget , kayak IELTS sama TOEFL IBT lah, trus pertanyaannya juga sangat membutuhkan analisis. Setiap kali baca kalimat, saya banyak banget bingung dan berpikir "ini maksudnya apaan sih". Ah sudahlah ya, gatau deh pasrah aja buat tes bahasa inggris nya.


12.00 Waktu pengerjaan tes bahasa inggris sudah selesai. Lalu Mr Katsunishi memberikan pengumuman: "Jika kalian tidak menerima telefon dari pihak Mitsui sampai tanggal 28 April, maka kalian tidak lolos. Jika kalian tidak lolos, tidak akan ada pemberitahuan dari pihak Mitsui."


4 hari penantian yang mendebarkan. Hanya akan ada 20 orang yang akan lolos. Saya Sedikit-sedikit ngecek HP, apa ada telfon gak ya. Trus ngechat temen yang kenalan pas tes, dikit-dikit saling nanya "Eh udah ditelfon belom". Sampe tanggal 28 april, hari terakhir. Posisi saya saat itu lagi ada di ITB, berkunjung ke tempat kakak saya hehe. Dari pagi sampe siang saya standby mantengin HP. Tiba-tiba ada yang nelpon hape saya. Ternyata itu dari Pihak Mitsui. Mr Katsunishi yang berbicara. "Jerome kamu lolos tahap berikutnya yaitu tes psikologi dan tes kesehatan tanggal 12-13 mei di LPT UI dan Rumah sakit Jakarta, informasi selengkapnya akan diemailkan dan dikirim langsung ke rumahmu." Kegembiraan melingkupi saya dan kakak saya saat itu, saya langsung telfon papa mama memberitahu bahwa saya lolos tahap selanjutnya. Papa mama saya juga langsung bergembira dan menasehati saya untuk terus waspada dan mempersiapkan diri sebaik-baiknya untuk tahap berikutnya.


Selama beberapa hari sebelum 12 Mei, Papa mengajak saya untuk berolahraga jalan pagi, sit up, angkat-angkat kaki, menjaga pola makan yang sehat, gaboleh banyak minyak dll. "Pokoknya kamu harus sehat, kan jelek banget kalau kamu gagal karena masalah kesehatanmu." Selain mempersiapkan tes kesehatan, saya juga mempersiapkan untuk tes Psikologi. Saya search tentang tes psikologi UI, soal-soal nya kayak apa, tips nya apa, dll. Trus kalo disuruh gambar ini, maknanya apa, harus gambar kayak gimana, dll. Tanggal 11 Mei saya sampe di Jakarta, lagi-lagi menginap di rumah Om dan Ii. Malemnya saya searching lagi, kebetulan juga Ii saya agak paham tentang tes-tes gituan jadi Ii  kasih beberapa tips. Malam itu saya bersaat teduh, bergumul, berdoa, dan berserah diri sepenuhnya pada Tuhan.

SELEKSI TAHAP 2-TES PSIKOLOGI


Pagi-pagi saya bangun dan langsung cuss ke UI Salemba. Meskipun datang 1 jam sebelumnya, tetap sudah ramai. Saya kenalan sama Hosea, dia lancar banget bahasa Jepangnya, sadiss dah, ternyata dia anak Surabaya, sekolah di Petra 1 wkwkw. trus temen saya yang tesnya sebelahan juga lolos! namanya Adryan. Trus akhirnya saya kenalan juga sama temennya temen saya yang udah keterima KAIST, namanya Joshua Julio dari SMAK 1 Penabur, sekolah muantap lah itu gils. Trus saya juga kenalan sama anak yang udah ktrima NTU + NUS namanya Elsa Yovita dari SMAK PENABUR GS. 


Tes psikologi pun dimulai, ada tes CFIT, tes wartegg, dll. Beberapa tes yang udah saya persiapin kayak tes hitung cepat, tes gambar rumah dll ternyata tidak diujikan. Dan beberapa tes yang gak saya persiapkan keluar. Ada tes logika verba, tes analisis, bingung banget dah ga paham lagi saya. Yang ada cuma berserah dan berdoa aja dah. Kira-kira 3-4 jam, kami selesai tahap 1 yaitu tes tertulis. Lalu kami dibagi kedalam beberapa kelompok beranggotakan 4-5 orang, lalu kami disuruh masuk ke ruangan dimana ada 2 psikolog yang sudah siap menilai kami. Sungguh saya ga tau apa yang bakal dilakukan karena yang saya latian cuma written testnya. Kami diberi soal untuk diskusi, 15 menit pertama kami harus menjawab sesuai pilihan kami, 15 menit berikutnya kami harus berdiskusi dan menjawab sesuai keputusan akhir kelompok.


Selesai itu, kami break makan siang. Sebelum makan siang kami nganggur nungguin perintah untuk makan siang kwkww. Pada saat itu kami saling berkenalan, saling mengakrabkan diri, dan akhirnya kami foto bareng deh! mantepp! untung saya bawa tongsis hahaha.



Setelah itu kami makan siang, lalu satu per satu dari kami dipanggil ke dalam ruangan untuk diwawancara oleh psikolog. 1 orang durasinya kira-kira 1 jam untuk wawancara. Akhirnya tiba giliran saya untuk wawancara,saya ditanyakan banyak hal dan saya menceritakan visi misi saya, rencana saya untuk berikutnya, cara saya mengatasi masalah, dll. Yang jelas harus dipersiapkan sebelumnya adalah jawaban untuk: Tujuan mengikuti beasiswa, Setelah lulus mau ngapain..


Oke setelah selesai wawancara, akhirnya boleh pulang yey!!


Malamnya, Om sama Ii ngajak jalan-jalan di kuningan City, saya makan banyak banget (maklum capek bgt abis tes psikologi wkaaka) trus makan beberapa desert juga. trus  dalam perjalanan pulang, SAYA BARU INGET BESOK KAN ADA TES KESEHATAN. Yang saya makan bener-bener gak sehat dan itu juga udah malem. Duh gawat. Sampe rumah saya langsung minum Vitamin dan minyak ikan wkwkkw. Saya tidak lupa berdoa dan mengucap syukur dan memohon berkat Tuhan untuk hari esok.


SELEKSI TAHAP 2 - TES KESEHATAN


Tanggal 13 Mei pagi-pagi langsung cuss ke Rumah Sakit jakarta untuk tes kesehatan. Sebelum tes kesehatan kami disuruh puasa 10 jam, trus pas udah sampe, disuruh ganti baju medical checkup dan sandal wkwkkw jadi seragam semuaa kwwk. Tes Kesehatan meliputi Tes Urin, Tes Feses, tes darah, tes apalagi yaaa, hmm tes indra jadi kaya tes pendengaran, tes mata, trus juga ada medical check up biasa. Seperti biasa, hal yang wajib dilakukan adalah: FOTO!! huehehe




Setelah selesai tes kesehatan, kami diperbolehkan pulang.

Selain tes psikologi dan tes kesehatan, kami diminta untuk mengirimkan berkas lagi yaitu:
1. Fotokopi rapot semester 6
2. Hasil Nilai UN
3. Ijazah kelulusan

Deadline pengiriman adalah sampai tanggal 30 Mei. Pengumuman peserta yang lolos tidak diberi tahu waktunya oleh pihak Mitsui, tapi kami ber 20 sudah punya grup line! jadi bisa saling kontak-kontakan dan kabar-kabaran apabila ada yang sudah dapat pengumumannya.


Sejak pulang dari tahap 2 ini, saya banyak menghabiskan waktu untuk mengurusi Line Official Account Q&A khususnya yang bidang Math hehe. Q&A adalah OA untuk bertanya jawab soal, selain itu banyak post yang berhubungan dengan mapel per bidang juga..


Kuy lah bisa add line id nya: @mathqna atau Klik link nya disini . Ada 6 bidang lainnya yaitu Biology, Physics, Chemistry, Bahasa, geography, dan ekonomi. Add dulu yang MATH trus nanti ada link untuk add yang lain.


1 STEP LAGI!


Bulan Juni terlewati, semakin mendekati tanggal 21 Juni yaitu tanggal tes interview, tapi masih belom ada pengumuman. Hampir tiap hari saling nanya di grup line apakah udah ada yang dapet pengumuman atau belom wkwkkw.


Tanggal 13 Juni, tiba-tiba saya buka Hape dan melihat notif grup line mitsui banyak. Wah pasti ini sudah pengumuman dalam hati saya. Ternyata benar! Roseline mengirimkan screenshot list peserta yang lolos tahap terakhir yaitu interview. Saya setengah percaya, ada nama saya didaftar 14 orang tersebut!! Puji Tuhan! Saya langsung tanya, "Dapet info darimana?" ternyata sudah diemail! Saya buru-buru ngecek Email dan ternyata dapet email dari Mr Katsunishi. Ada Attachment yang isinya surat pernyataan dan jadwal interview.




Seperti biasa, saya langsung mengabari keluarga saya dan kegembiraan kembali meliputi keluarga saya. 1 step lagi!! saya bergumam dalam hati: saya harus bisa membahagiakan,membanggakan dan tidak membebani papa mama. Saat itu saya bergumul akan kuliah dimana. Papa mama sering berdebat mengenai apakah saya jadi ke NTU apa enggak tentunya karena biaya sangat mahal. Dan saya sendiri tau kalo saya jadi ke NTU, seberapa besar beban dan pengorbanan keluarga saya supaya saya bisa ke NTU. Saya jugatidak tega kalaupun harus pergi ke NTU, maka dari itu saya berjuang untuk mendapatkan beasiswa Mitsui Bussan ini. 1 step lagi!


Selama 1 minggu saya menggunakan waktu saya untuk searching tentang interview beasiswa. Bagaimana menjawab jika ditanya seperti ini dan itu, apa yang ingin mereka dapatkan ketika mereka nanya seperti itu, bagaimana cara membawa pembicaraan ke arah yang serius. Orang seperti apakah yang mereka cari, apa visi misi PT Mitsui, dll. Saya juga searching tentang pengalaman-pengalaman orang yang sampai tahap interview beasiswa Mitsui, kira-kira apa yang ditanyakan, lalu saya mulai mempersiapkan jawabannya. Saya meminta saran dan masukan dari Papa, Bang Ian, Mama, lydia dan Selma untuk jawaban-jawaban saya.


Sampai di titik ini, bener-bener saya hanya bisa berserah pada Tuhan. Saya tidak tahu tipe orang yang seperti apakah yang dicari oleh pihak Mitsui, saya juga gatau pertanyaan apakah yang bakal diberikan ke saya, saya juga ga tau apakah nanti jawaban saya bakal menyenangkan atau engga. Saya juga ga tau nanti siapa aja yang menginterview saya, dan.. saya belom bisa bahasa jepang, sedangkan ada Hosea dan bbrp orang lain yang sudah bisa bahasa Jepang. Yang bisa saya lakukan hanyalah berdoa dan berpasrah diri kepada Tuhan.


FINAL STEP! INTERVIEW TEST


Tanggal 20 Juni saya berangkat ke Jakarta. Sebelum ke Jakarta saya posting foto di Instagram huhehee. Bersyukur banyak yang mendukung dan mendoakan saya. Terimakasih banyak buat dukungannya di komen: Ruri, Yayakworo (wkaka), Veryl :), Jogo, dewi, apridaya, jeremy, saskianina, prelawry, damanotra, asepfirhan, evaniach, fidela ghodang, ayu novia c, kajol tavia, ezra febiola, Kevin jovilay, jeanica devany, kezia agatha, selmaamyra, henokhvita, tiaramedina, lionevaldarant, aliviawahyu, Namboru rondang, angellienr, PhinJosephine. Elsa, alivia wahyu, anisagstnsry, Billykur, begundalarum, cuslin, Hanif, Risqiya dan Pznabila.

Setelah sampai di Jakarta, langsung dijemput Om dan Ii lalu pulang ke rumah mereka. Selama malam itu saya mempersiapkan lagi jawaban-jawaban, saya juga sempat streaming cara interview di youtube, review materi, dan searching info dikit-dikit. Saya bener-bener berserah pada Tuhan.


Malam itu tidak lupa saya saat teduh, berdoa dan meminta Tuhan untuk memberkati setiap perkataan yang akan saya ucapkan saat wawancara besok. Saya memohon hikmat dari Tuhan supaya saya dapat menyampaikan hal yang terbaik menurut Tuhan, bukan menurut saya.


Keesokan harinya tiba. Tanggal 21 Juni. Hari yang menjadi penentu masa depan bagi 14 orang yang lolos pada tahap terakhir seleksi beasiswa Mitsui Bussan. Tes Interview bertempat di BCA Tower jalan M.H Thamrin. Saya sampai 2 jam sebelum jadwal yang ditentukan. Lalu saya langsung diajak untuk masuk ruang tunggu oleh Pak Jeremy. Di ruang tunggu saya melihat Sentosa, Imam, Roseline nadia, Verencya, Cindy, dan olivia. Semua tampak tegang, saya pun juga. Sambil menunggu giliran, kami saling mengobrol untuk melepas ketegangan. Selain itu Pak Jeremy juga memberikan tips-tips dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan. "Yang penting tenang, jujur, terbuka, dan katakan apa adanya. Harus jelas visi misi mu, tujuan mu, dll".


Pertama sentosa dipanggil. Tepat 20 menit, Lalu Roseline di panggil. Setelah Roseline selesai interview, dia masuk ke ruangan dan mensharingkan apa saja yang ditanyakan. Dia ditanya mengenai sejarah Jepang, Lalu backup plan, lalu ditanya perbedaan murni dengan teknik, ditanya siapa ahli-ahli di bidang tersebut di Jepang. dll. Dalam hati saya, saya gatau sejarah Jepang, saya juga lupa siapa ahli dalam bidang matematika di Jepang, gimana ini. Haduh langsung panik. Saya memutuskan untuk review materi lagi tentang ahli-ahli matematika di Jepang. Selama menunggu giliran saya, saya terus berdoa dan menenangkan diri. Saya juga sempet telfon papa saya untuk meminta doa dan saran. Sebenernya Papa saya harusnya tidak bisa ditelfon karena sedang dalam pesawat, tetapi ternyata ada problem tentang jadwal flightnya, jadi papa harus pindah pesawat. Saya pikir bahwa itu kehendak Tuhan bahwa ayah saya belom berada di pesawat.


Singkat cerita, giliran saya dipanggil interview. dagdigdug lah. Tapi setelah masuk dan memberikan salam, saya dapat menenangkan diri dan memulai pembicaraan. Interviewer ada 5 orang yaitu 1 orang dari Pihak Mitsui Tokyo, 1 orang dari Universitas persada, 1 orang dari Kementrian pendidikan, 1 orang Professor dari Universitas di tokyo, dan 1 orang pembuat soal. Pertanyaan pertama yang ditanyakan ke saya adalah "Siapa ahli matematika dari jepang?" Puji Tuhan saya masih inget dan tadi sempet review jadi saya bisa jawab. Lalu ditanya lagi, "Orang-orang yang kamu sebutkan itu lulus dari universitas apa?" Nah ini saya gatau, tapi saya pernah baca kalo mereka aktif di Kyoto University, jadi saya bilang kaya gitu. Dan ternyata bener mereka dari Kyoto University. Senang banget bisa bener dan memberi first impression yang baik. Lalu saya ditanyakan tentang tujuan saya ikut beasiswa Mitsui Bussan, tentang rencana saya setelah lulus S1 di Jepang, dll. (Jawaban-jawaban saya rahasia ya wkwkw, kalo mau tanya boleh secara pribadi aja :v )


Interview ditutup dengan pertanyaan dari Bapak pembuat soal. "Kamu sangat suka matematika ya?" saya jawab iya pak. "Ini nilai tes kamu kemarin 99, hampir sempurna. salahnya juga cuma karena kamu cuma nyari x padahal disuruh cari x dan y" Hati saya seneng banget, persiapan saya tidak sia-sia dan saya harap hasil tes tersebut dapat menjadi nilai plus buat saya agar dapat dipertimbangkan untuk mendapatkan beasiswa ini. Tak terasa sudah 20 menit saya berada dalam ruangan tersebut, selesai sudah giliran saya. Saya lega, karena saya sudah menyampaikan seluruh hal yang sudah saya persiapkan sebelumnya, mulai dari rencana saya, visi misi, dll.


Deadline pengumuman penerima beasiswa Mitsui bussan paling cepat adalah tanggal 24 Juni dan Paling lambat adalah 28 Juni.


Saya berterimakasih pada ito bunga samosir, evanyayu, brenda, tiara, okza, kevin J atas dukungannya juga heheh.


Setelah tes, Ii mengajak saya untuk ke Dufan supaya bisa refreshing dan tidak kepikiran interview terus wkwkwk. Di Dufan saya gila-gilaan dan iseng-iseng lah buat VLOG trus saya upload ke youtube deh! huehehe. Kuy lihat VLOG nya disini:  https://www.youtube.com/watch?v=JtM5rCGeD4k kalo boleh like sama subscribe juga yaa makasihhh wwkwkw.


PENGUMUMAN


Tanggal 24 Juni, saya sekeluarga punya acara liburan bersama keluarga besar di Batu. Saya jadi ga kepikiran tentang pengumuman. Kami sampai di Batu kira-kira jam 2 siang lalu beristirahat.


Pukul 5 sore, Saya dan sepupu saya ingin bermain billiard. Tiba-tiba hape saya ditelfon oleh nomor dari Jakarta. Karena sering ditelfon oleh nomor dari jakarta dan kebanyakan menawarkan produk asuransi, investasi, dll. Jadi Engga saya angkat telfonnya wkwkkw. Ditelfon sampe 7 kali kalau tidak salah. setelah main billiard, saya ngecek HP lagi. Ada SMS yang isinya "Saya Jeremy dari Mitsui, saya sudah hubungi HP anda tetapi tidak diangkat, jika sudah dapat dihubungi, tolong sms saya."


Langsung saya sms dan bilang kalo saya bisa dihubungi. Pak Jeremy langsung menelfon saya."Halo, kami dari Pihak Mitsui" Saya jawab, Iya pak, ada apa ya pak? "Kami ingin memberitahu bahwa anda adalah siswa yang terpilih untuk menerima beasiswa Mitsui Bussan pada periode kali ini, apakah anda menerimanya?"


Saya tidak bisa menahan kegirangan saya, saya langsung jawab "IYA PAK SAYA MENERIMA!!!!" Lalu Pak Jeremy bilang info selanjutnya akan dihubungi via email.


Saya langsung ke kamar Ii dan om saya, saya langsung teriak "Ii! Om! Makasih banyak ya! Jerome dapet beasiswa mitsui bussan!" Langsung Ii dan Om serta sepupu saya memberikan selamat kepada saya dan ikut kegirangan. 


Saya lari ke kamar mama papa saya, saya langsung memeluk mama saya dan kasih tau kalau saya dapet beasiswa. Mama saya seneng banget, Senyumnya merekah, Beban yang dipikirkan selama ini seakan-akan langsung hilang. Saya sangat senang dan terharu ngeliat mama saya bisa seneng banget seperti itu.  Mama saya langsung kasih tau papa saya. Beberapa saat kemudian, semua keluarga besar berkumpul di Lorong Hotel tersebut dipenuhi dengan kegirangan. Kami saling cerita tentang perjuangan, tentang beban yang dipikirkan, kami juga saling cerita tentang pengalaman dalam mendukung saya mendapatkan beasiswa ini, dll. Kami tidak lupa berdoa dan mengucap Syukur pada Tuhan atas Anugerah dan penyertaannya dari awal hingga akhir dan Tuhan melengkapi sukacita bagi ku, dan bagi keluarga ku.  


Saya mau mengucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya kepada Tuhan, keluarga,  seluruh teman yang sudah mendukung, team admin q&a, veryl rivaldi aas dan genkz, temen-temen di instagram, Ii dan Om andre atas dukungan secara nyata dari awal hingga akhir, Lydia dan Selma yang udah bantu persiapan interview, dan semua pihak yang tidak bisa disebutkan satu per satu.


Di akhir tulisan ini, saya berharap tulisan ini dapat menjadi inspirasi dan motivasi untuk terus berjuang dalam menggapai mimpi. Awalnya semua tampak mustahil, 20 ribuan orang yang mendaftar, hanya akan diambil 2 orang. Tetapi Perlu diingat, usaha tanpa doa adalah percuma, dan berdoa tanpa berusaha adalah percuma. Berdoalah, dan berusalah, niscaya yang terbaik akan diberikan Tuhan pada mu. Disaat yang ada padamu adalah hanya bisa berjuang dan berusaha, lakukanlah itu, tetapi ingat jangan lupakan Tuhan. Do your best and let God do the rest!


Sekali lagi, tolong doakan Jerome, supaya Jerome dapat melanjutkan studi di universitas terbaik di Jepang, dapat belajar dengan baik, dan dapat menggunakan serta menerapkan ilmu yang bakal Jerome dapatkan disana untuk menjadi berkat, inspirasi, dan motivasi bagi banyak orang.


Terimakasih telah membaca cerita ini, Jerome mohon maaf apabila ada salah kata yaa! God Bless you All!

97 komentar:

  1. Sangat memotivasi nih. Terimakasih buat sharingnya yaa btw bagi dong soal tes tulis nya hehe

    BalasHapus
  2. Mantap kak Jer
    Sangat menginspirasi banyak orang,termasuk saya
    kiranya apa yang kakak impikan dapat terwujud. Amin
    Selalu andalkan Tuhan dalam segala rencanamu!!

    BalasHapus
  3. Keren, sangat menginspirasi :) sukses ya di jepangnya, semoga lancar

    BalasHapus
  4. Kereeeen, Sukses ya jer dijepangnya, Tuhan Yesus Memberkati :) jgn lupakan 'man u can' :P hahaha

    BalasHapus
  5. GGWP(Good Game Well Played) Jer. Sukses ya disana, jangan lupa gereja ya. Ceritamu sangat menginspirasi dan betul banget "kerjakan bagianmu dan Tuhan akan kerjakan bagian-Nya." Mantap Jer

    BalasHapus
  6. SelamatJerome! I am so proud of you.

    BalasHapus
  7. Yaampun kok gua terharu ya. Jadi ikut bangga. Selamat ya kak!

    BalasHapus
  8. Waaa Congratulations Koooo! Keren dan menginspirasi poll :)) Sukses terus dan Tuhan memberkati Ko

    BalasHapus
  9. Sangat menginspirasi, GBU!!!

    BalasHapus
  10. Bacanya merinding sedikit nangis terharu karena LOLOS! HAHA
    Sangat menginspirasi. SUPER. GBU !!

    BalasHapus
  11. Keren bgt... sangat inspiratif.. good luck !!

    BalasHapus
  12. Selamat Ko!! Inspiratif bgt utk yg udh kuliah maupun yg masih sma.. Sukses! Tuhan memberkati.

    BalasHapus
  13. Samapai bulu kudukku merinding gara" baca ini,jadilah kebaggaan indonesia dan tetep banggakan indonesia yaa kak

    BalasHapus
  14. Kereeenn, selamat ya kak,makasih juga uda berbagi pengalaman sangat menginspirasi dan sangat membantu, aku jadi tambah semangat nih kak wkwk, ntar share juga gimana rasanya tinggal d jepang ya kak hehehe, sukses selalu buat kedepannya~

    BalasHapus
  15. Keren Om Jer.
    Sedikit ngilangin perasaan "minder deluan" gua, waktu liat nama2 SMA Swasta yang serem(sma yg biasa borong medali).

    -Murid SMA Negeri

    BalasHapus
  16. Gatau kenapa ikutan bangga 2
    "")

    BalasHapus
  17. Gatau kenapa saya nangis baca kisah nya
    Terharu dan ikutan bangga juga bacanya. Plus takut dan dag dig dug juga kalo misalnya saya yg di posisi itu

    BalasHapus
  18. Gatau kenapa saya nangis baca kisah nya
    Terharu dan ikutan bangga juga bacanya. Plus takut dan dag dig dug juga kalo misalnya saya yg di posisi itu

    BalasHapus
  19. Ka jer klo persyarata berkas2 awal itu harus pake bahas inggris semua (misal raport) atau surat rekomendasi aja???

    BalasHapus
  20. Ka jer klo persyarata berkas2 awal itu harus pake bahas inggris semua (misal raport) atau surat rekomendasi aja???

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku dulu ga ada translate2 gitu sih seingetku hahhaa

      Hapus
  21. hai kak, duuh.. baca tulisan kaka jadi bikin aku makin semangat >,< eh, ka, aku pengen nanya, waktu kaka bikin surat rekomedasi, nulisnya sma atau high school student? itu aja kak, makasih yaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh lupa nih hahahaha :)) harusnya ga ada masalah kokk apapun nulisnya, asal bisa dimengerti aja. semangat

      Hapus
  22. keren deh kak jerome.. baru mau ikut seleksi administrasi misui-bussan scholarship tahun ini, eh ternyata nemuin blog ini, bersyukur banget ada inspirasi dan pengalaman kakak :)) aku ikut bersyukur atas apa yang diraih kakak, dan semoga dilancarkan diterima universitas2 tsb yg diimpikaan.. wahh ikut senang...

    BalasHapus
  23. Kerennn. Gangerti hrs blg apa. Yg pst gue kagum bgt sm ka jeromee. Btw yg "Lalu saya ditanyakan tentang tujuan saya ikut beasiswa Mitsui Bussan, tentang rencana saya setelah lulus S1 di Jepang, dll. (Jawaban-jawaban saya rahasia ya wkwkw, kalo mau tanya boleh secara pribadi aja :v )" kode minta dipc atau gimana?

    BalasHapus
  24. ka waktu tahun kemarin pendaftar jalur ips ada yang berhasil lolos written test ga? atau berapa kira kira pendaftar ips waktu itu di written test? aku tahun ini nyoba dan udah dapet invitation, doain ya kaa! arigatou ����

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, saya juga dapat undangan untuk ikut tes tulis di Jakarta tanggal 23 April

      Hapus
    2. wah wah, semangat ya, saya juga ikut written test nanti, sampai ketemu

      Hapus
  25. kak itu pendaftarannya klo belum dinyatakan lulus sma apa bisa ikut daftar. ada penyeraan hasil tes TOEFL dan sebagainya ngga??
    btw, dulu IP kakak berapa?

    BalasHapus
  26. Halo kak, aku tahun ini daftar mitsui juga dan ingin tanya-tanya ke kakak, ada kontak yang bisa dibagi ga ya? thanks

    BalasHapus
  27. Kak, boleh tau ga rata - rata rapotnya berapa?hehe. Ceritanya memotivasi, terimakasih kak.

    BalasHapus
  28. Wah kak aku bacanya nyampe nangis :') berasa ngerasain sendiri. Doakan aku juga ya kak biar bisa diterima beasiswa mitsui ini taun depan. 🙇 terimakasih sudah menginspirasi;)

    BalasHapus
  29. Aku langsung stalk ignya sampe bawah dan kakak terlalu merendah ah :" juara matematika, banyak piala, memang pantes kok kak lolos beasiswa

    BalasHapus
  30. Seru sih, tp kesel nih di tulis nya "Jeremy", pdahal kan "Jemmy" wkwkkkw 😂😂😁

    BalasHapus
  31. sangat memotivas ka, good luck !

    BalasHapus
  32. Wah tulisannya sangat menginspirasi dan memotivasi saya kak. Tapi, sebelumnya saya ingin bertanya. Apakah beasiswa Mitsui Bussan ini menerima siswa yang menginginkan jurusan animasi/seni? Dan apakah beasiswa ini terikat dinas? Terima kasih kak sebelumnya.

    BalasHapus
  33. kak, saya juga ingin mengikuti seleksi tahun ini yang dibuka pada februari nanti, boleh tau tidak, bagaimana tips belajar kakak yang bisa meraih nilai mtk '99' itu?? harap dijawab ini mah kak, penting

    BalasHapus
  34. Kak aku angkatan yg lulus tahun ini (2017-2018) aku udh mempersiapakan dari tahun lalu ttg info, dsb. Krn aku nemu blog kakak, aku pengen nanyain semua hal ttg beasiswa ini. Kira kira boleh minta kontak atau email ga kak?

    BalasHapus
  35. Mau nanya, buat materi yang diujikan mitsuibussan dan apakah juga ada statistiknya juga? Dan dari mana sebaiknya kita belajar, past paper A level atau past paper monbusho?? Terimakasihh

    BalasHapus
  36. halo kak jerome, mau nanya, saya denger-denger dari ribuan peserta yang daftar, hanya 200 orang yang lolos seleksi berkas. jadi kira-kira peserta yang lolos itu yang rata-rata rapornya berapa ya?

    BalasHapus
  37. kak jerome, aku mau nanya2 ttg pengalaman kakak sebagai penerima beasiswa mitsui bussan dong, bisa sy kontak lewat mana ya?

    BalasHapus
  38. kak emang yang keterima untuk S1 berapa orang ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  39. Jer plis bagi tips dong. Lo kan jenius bgt dan berbakat, apa lo minum minyak ikan ya jd jenius gt? Ada suplemen kah?
    Kira2 works ga ya utk org yg sudah sepempat abad seperti gue? Soalnya gue merasa makin bodoh makin kesini. Padahal gue harus pinter karena gua lagi lanjut kuliah juga :(

    BalasHapus
  40. Keren banget kak jer, aku yg baca jadi bangga sendiri dan sangat terinspirasi dari kisah perjuangan dan kerjakeras kaka
    Semoga sukses selalu kak :)

    BalasHapus
  41. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  42. Mas Jerome saya mau tanya tentang seperti apa itu Letter of agreement signed by parents or guardians in English, terima kasih

    BalasHapus
  43. Kak jer.. Mau tanya nih.. Kira2 di beasiswa mitsui ini nilai un berpengaruh gk ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kek nya nggk coba baca ulasannya di web mitsui-bussan

      Hapus
  44. Bagusss bgt ceritanya menginspirasi bgt.. sampek nangisss terharu bacanyaaa.. suksesss terusss !

    BalasHapus
  45. Keren banget akk jerr...sampai nangis bacanyam,terharuuuu heheheheh

    BalasHapus
  46. Keren banget kakk,sampai nangis bacanya,terharu banget wkwkkwkw....doain saya ya kak biar bisa keterima jg,walaupun gak seberapa bisa dan suka matematika ka heheheh

    BalasHapus
  47. Kakk, bacanya aku mau nangiss, bisa ngga ya aku kayak kak Jerome

    BalasHapus
  48. aku mau daftar, tapi english-ku noob banget :v

    BalasHapus
  49. Keren parah sih ini wkwk sukses terus kak jarome kedepannya. Cerita pengalaman kakak ini sngat membantu kami pejuang beasiswa wkwk

    BalasHapus
  50. kak saya mau tanya tanya pribadi sama kaka soal beasiswa ini lewat mana ya ka ngehubunginnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, kita bisa berbagi info, lewat mana yahh.. Kaka bisa dm saya lewat instagram: haryoseto30 saya juga lagi nyari informasi

      Hapus
  51. Balasan
    1. Maaf ka, bisa minta kontak atau instagramnya ga?

      Hapus
  52. karena satu dan lain hal, aku kemaren ngirim berkasnya tgl 20 feb (deadline 22 feb) dari sumsel ke jakarta. sengaja ga cek trace berkasnya biar surprise aja. doain semoga dapet lah. aminn. lumayan deg2an jg sih ini :3

    BalasHapus
  53. Emang cerita kakak mantappu djiwa banget, udah berkali-kali aku baca dan tetep suka hehe. Semoga tahun ini aku bisa nuangin cerita mitsui-bussan versiku sendiri ya kak :)

    BalasHapus
  54. Kak Jer, waktu kita udah selesai sekolah bahasa jepangnya itu nanti kita kuliahnya daftar sendiri atau gimana kak?

    BalasHapus
  55. Terimakasih kak motivasi nya💪👍

    BalasHapus
  56. terimakasih tips nya ya, sangat bermanfaat :)

    semoga anak muda indonesia punya semangat yang tak pernah putus serta harapan yang tak pernah hilang dalam mewujudkan impian dan cita-cita nya, selain menikmati kemudahan yang di berikan oleh pemerintah, yuk coba pahami Tips cerdas menggunakan KJP supaya kita tidak keliru dalam menggunakannya :)

    BalasHapus
  57. Mantappu jiwa kak jerome, sukses dan maju terus kak dan jadi inspirasi dan berkat buat semua orang.

    BalasHapus
  58. Postingan Kak jerome sangat memotifasi aku untuk lebih giat lgi dalam berusaha kedepannya
    Aku jg sdah pernah melihat kak jerome bercerita seperti ini di youtube dan itu sangat membuat aku merasa lebih semangat dalam meraih apa yang aku inginkan

    Sekarang aku sdh jadi siswa kelas 12 dan nanti rencana aku akan ikut seleksinya tahun depan doain ya kak semoga aku jg bisa menapaki jejak yang sama seperti yang kakak jerome dapatkan saat in Aminn😊😊

    BalasHapus
  59. Auto nangis bacanya. Ya Allah, saya otw nyusul kuliah di Jepang 2 tahun kedepan!!! Kak Jerome role model aku pokoknya :')

    BalasHapus
  60. Udah nonton diyoutube dong yg intronya "konijiwa" dn akhirnya "mantappu jiwa"

    Ka, prinsip saya dari smp harus kuliah diluar negri! Tpi org tua saya selalu ga ngizinin suka mau nangis kalo mereka ttep kekeuh ga ngizinin saya, aku cuma berserah sama Tuhan, tpi hati terkecil saya mau nangis karna ga ada dukungan dari orang tua.

    Saya harus gimana ka?

    Btw, saya masih kelas 10 semes2

    BalasHapus
    Balasan
    1. tetap semangat aja Ribhka, lakukan sesuatu yang dapat menunjukkan keorang tua kamu kalau kamu bisa, dan pasti kalau kamu udah nunjukkin itu.... orang tua pasti mendukung. karna gaada orang tua yang ga mau anaknya bahagia toh? hehehhehe :D

      Hapus
  61. otw nyusul bang jerome:>
    dan berharap bang jerome bisa ngisi seminar motivasi di Pontianak, Kalimantan Barat

    BalasHapus
  62. Apa harus memiliki sertifikat TOEFL bang?

    BalasHapus
  63. Kak Jerome kalau nilai rapot kita nilai nya ada yang dibawah lapan puluh bisa tetap ikut mendaftar kk?

    BalasHapus
  64. kira kira kalau ngecontack kak Jerome dari IG diterge gga ya....?
    wkkwkwkwk

    #MANTAPPU JIWAAAAAAAAA!!!!

    BalasHapus
  65. Masyallah, semoga allah menizinkan saya untuk bisa mendapatkan beasiswa kuliah di luar negri

    BalasHapus
  66. BERKALI KALI BACA INI !dan selalu pengen nangis
    semoga aku juga bisa dapet beasiswa ke Jepang 🙏🏻😭♥️

    BalasHapus
  67. Baru baca ini tahun 2020, dan terharu banget baca tulisan bang jerome yg dulu sebelum jadi sebesar sekarang 😭
    Semangat terus ya bang! Semoga aku juga bisa nysul ke jepang. Aamiin

    BalasHapus
  68. MANTAP🔥 SEMANGAT BANG JEROME🔥 JESUS BLESS U🙏

    BalasHapus
  69. Bang Jer aku nangiiissssss+merinding bangettt, terharu pastinyaa😭😭💕 Makasii ya Bang Jer, sangat sangat sangat sangat menginspirasi😭🙏 Sekali lagi terima kasih Bang Jer, sukses selalu, Aku doain semoga cita2 Bang Jer menjadi menteri pendidikan tercapai, Aamiin..
    ~Aklin Juharty

    BalasHapus
  70. Kak Jer saya mau bertanya, apakah ketika seleksi tes matematika dan osikologi menggunakan bahasa inggris juga Kak? Sekian, terima kasih

    BalasHapus
  71. saya masih kelas 10 saat ini dan berharap sekali ingin mendapatkan beasiswa tersebut.. Doakan saya ya!

    BalasHapus
  72. kak kalo udah terdaftar sebagai mahasiswa di sebuah perguruan tinggi, apa masih bisa untuk mendaftar

    BalasHapus
  73. Sepertinya bang jerom udh gak aktif lagi disini, padahal kalau masih nulis pasti saya baca cerita-ceritanya :)

    BalasHapus
  74. Makasih kak jerome, sungguh sungguh menginspirasi bagi saya dan kita semua. Baru liat cerita ka jerome hari ini tgl 20 january 2021 karena aku adalah penggemar baru ka jerome😀 aku juga selalu stay toned di ig juga youtube nya kaka lho, semangat terus kka, doakan aku juga supaya bisa menjadi seperti kaka. Saya baru kls 8 tapi harapan saya sudah banyak, tapi ttep sih cita cita saya hanya 1😀

    BalasHapus
  75. kak jerome dulu belajar buat tes tulisnya dari mana aja

    BalasHapus
  76. KAK JERRR MAKASII UDAH SHARING HUAAAA

    BalasHapus
  77. merinding+netes air mata baca, jerome udah sebesar ini skarang huaaa, usaha emang gak menghianati hasil yah, semangat trus, Tuhan memberkati kita smuaaa.

    BalasHapus
  78. nangis bgt terharu huaaa keren kak usaha memang tidak menghianati hasil

    BalasHapus
  79. kebahagiaannya berasa sampe sini asli wkwk. Terharu & semoga aku jg bisa kyk bang Jer jd motivati banyak orang & selalu bersandar pada Tuhan. Amen.

    BalasHapus
  80. Mitsui gasalah milih lu bang! Wkwk liat hasilnya sekarang lu jadi influencer yg memberikan pengaruh baik ke banyak orang

    BalasHapus