Rabu, 02 Maret 2016

IE GAMES 11th EDITION!

Halo guys! lagi pingin cerita tentang pengalaman gw di IE GAMES 11 Th EDITION wuhuuu!!

Sebelumnya apa sih IE GAMES? Jadi.. IE GAMES (singkatan dari Industrial Engineering Games) adalah Lomba yang diselenggarakan oleh fakultas Teknik Industri ITS (Institut Teknologi Sepuluh November). Materi lombanya itu pelajaran SMA meliputi Fisika, Matematika, Ekonomi dan pengetahuan mengenai Teknik Industri. Lombanya berskala nasional dan diikuti oleh 1500++ tim yang terdiri dari 3 anggota.

Nih Video Dokumentasi dari awal sampe akhir



Awalnya sempet gamau ikut IE Games karena jadwalnya bakalan tabrakan sama Uprak, Electra (Lomba lain) dan Dentine (Lomba lain juga wkakak). Tapi karena tahun lalu udah pernah ikut, dan sekolah gw juara 1 (pas itu gw cuma juara 4 hahahah), nah kan piala bergilir gubernurnya ada di sekolah gw, gw dipaksa sama kakak kelas buat ikutan lagi dan harus bawa piala bergilirnya balik, (Dalam hati gw mustahil lah gile aja gua sepintar apa sampe bisa bawa pulang piala bergilir (re:Juara 1)). Akhirnya gue putuskan buat ikut, dan gw ajak 2 temen gue, Amirul Dipo dan Zakiyah. Tim kami namanya JEKI N THE GENKZ wkakak.

Tanggal 16 Januari 2016, Mulai babak penyisihan. Kita dikasi 100 soal (kalo ga salah) yang susah banget sampe gue nyerah dah ngerjaiinnya wkwkwkk, manalagi si Dipo telat datengnya -_-, yah akhirnya pasrah aja deh.  Trus nunggu beberapa lamaaa, akhirnya pengumumannya keluar. Puji Tuhan tim kami masuk semifinal, bersama 30 tim lainnya dari seluruh Indonesia. Liat nama2 sekolah yang lolos aja udah merinding duluan. Ada SBBS (Sekolah yang paling bikin gue gentar wkwk), ada SMAK Gloria 1 (Isinya temen2 gw semua yang jago2), ada dari Jakarta, Bogor.. ahh gila deh pokoknya jago2 semua.

Setelah lolos penyisihan, tim kami ga sempet belajar buat semifinalnya. Kenapa? karena kami sibuk Uprak. Gile dah Upraknya harus ngapalin eksperimen, sebahan-bahannya, alat-alatnya, langkah2nya. Semifinal IE Games berlangsung selama 3 hari, terdiri dari Company visit, Advanced Test, dan Running Lab. Kami dapet LO (Pendamping grup) si Kak safira dan dapet Racer (Supir) si Kak adelina.
Tim Jeki N the Gengkz, Dari kiri ke kanan: Kak adelina, Zakiyah, Gue, Dipo, Kak Safira

Tanggal 18 Februari, itu hari pertama semifinal IE Games. Kita harus ngumpul pagi-pagi di ITS trus siap-siap berangkat ke pabrik buat company visit. Gue hampir ditinggal (ga ikut company visit) karena gua harus uprak dlu. Untung aja bisa dluan selesai trus langsung cuss ke ITS. Singkat cerita kami ada di Pabriknya wkwk. Kami berkunjung ke PT Salim Ivomas Pratama Tbk (Bimoli itu lho haha). Kami dijelaskan mengenai proses produksi minyak dari awal sampe didistribusikan, trus kami diajak muter-muter pabrik, liat mesin-mesinnya, dll. Seru lah pokoknya xD (Makannya ikut IE Games taun dpn hahaha). Selesai company visit udah malem, kita pulang ke Asrama Haji (semua gratessss). Jadwal selanjutnya itu pergi makan malem sama LO masing-masing. Entah mengapa gue bilang ke tim gue kalo gue stay aja di asrama, biar bisa review2 materi dan siap-siap buat company report besok (Laporan tentang company visit), dan mereka aja yang pergi bawaiin gue makanan. Sekitar jam 20.30, gua keluar ke Lobby karena suntuk di kamar. Gua ktmu kak Sarah (ketua panitia yang dlu LO gue ciee) trus ngobrol2. Kak Sarah nanya gmn persiapan gw, gw bilang ya lumayan. Trus.... Kak Sarah nanya lagi, "Udah belajar dari ppt belom? besok soal-soal advanced test keluar dari sana semua lhoo.."


Seketika itu hancur pikiran gue, kacau!! Tim lain udah pada dapet materinya sejak 2 minggu yang lalu, sedangkan tim gue belom -_- dan besok udah harus advanced test, mati dahhhh.. Trus gw lgsg minta ppt nya, pas gue buka, GILEEE ada  puluhan ppt yang terdiri dari ratusan slide.. Gua lgsg ngeline dipo ama zakiyah suruh cepet balik biar belajar. Si Zakiyah di perjalanan pulang udah nangis wkkwkw. Akhirnya kita belajar ampe tengah malem, tapi namanya belajar cuma 1 hari, ya ga maksimal.. Materi2nya adalah materi Teknik Industri bahkan LO gue sendiri belum belajar hzz -_-. Ada ergonomi, ada sejarah TI, ada biomekanika, dll. Kita hanya bisa berdoa, berdoa dan berdoa.

Company visit di PT Salim Ivomas Pratama Tbk
Tanggal 19 Februari, pagi-pagi kita lgsg berangkat ke ITS buat company report. Karena kmrn udah persiapan jadi lumayan lancar lah.. Trus kita ISHOMA, trus dilanjutin Advanced Test. Pas Kita buka lembar soal advanced test, langsung lemes. Materinya bener-bener persis dan spesifik dari PPT, kita gabisa kerja apa-apa, susah sekali, hancur harapan kita. Setelah advanced Test, kita udah down aja, tapi kak sarah ama kak adel nyemangatin terus hahaha.

Malemnya kita ada Makrab dan Gala dinner, asik kannn kwkwkw. Kita duduknya di nomorin secara acak, gua dpt duduk samping anak SMAN 6 Surabaya namanya Terra. temennya si Giga kali ya xD. Makrabnya seru abis, bisa mengalihkan perhatian kita dari advanced test yang susah itu wkwkw. Kita dihibur dengan nyanyian-nyanyian, dan paling asiknya kita dikasih surprise sama para LO yaitu flashmob LO, pecahhh abis!! Selesai makrab, kita pulang. Aku, dipo, zakiyah memutuskan untuk belajar buat besok, yahhh siapa tau masih ada harapan wkwkw. Aku belajar sama tim dari Jogjakarta, ALAMAK mereka sudah persiapan total, semua materi sudah dikuasai, bahkan mereka sudah hapal diluar kepala. Akhirnya gue diajarin mereka sampe tengah malem kwkw.

Gala Dinner!

Tanggal 20 Februari, Nyampe ITS jam 8an lah. Kita akan menjalani 1 tahap lagi yaitu running lab. Sebelum running lab, diumumin peringkat 6 besar sementara.(dari nilai company report dan advanced test) dan... tim kami ga masuk 6 besar. Yang 6 besar dapet modal awal lebih banyak. (Modal digunakan buat beli soal, ada easy, medium dan hard). Kami lgsg down, lgsg ga semangat lagi buat running lab. Hancur sudah harapan. Proporsi running lab emang paling besar sih 40%, tapi kalo kita bisa, yang 6 besar juga pasti bisa dong?? pikir gue dalam hati. Akhirnya running lab kita jalani, setengah hati, udah ga ada harapan lolos final.

Selesai running lab, ada ISHOMA lagi. Lalu pengumuman. Pengumumannya berupa video gituuu.. Awalnya yang masuk adalah tim dari Jogja (peringkat 1) yaiyalahhh wkwwk. Trus dari Gloria lolos. Dan setelah gloria, tim kami LOLOS!! Langsung kami teriak-teriak kaya orang gile wkwkkwk si Zakiyah sampe meso-meso gitu wkakak. Puji Tuhan! Tuhan baik!!

Lalu kami langsung dianter ke Gedung TI ITS yang baru, disana sudah dipersiapkan seluruh perlengkapan final. Jadi di Final kita harus menjalankan sebuah simulasi pabrik, dimana terdapat beberapa periode dengan kondisi yang berbeda-beda. Pabrik yang dijadikan simulasi adalah pabrik minyak. Ada bahan baku, yaitu kelapa, kacang dan zaitun. Trus ada lagi toko kemasan yaitu plastik ama botol. ada tempat produksi, ada tempat distribusi. REMPONG AH!!

Awal-awal tim kami ga ngerti apa-apa jadi periode 1 kita ketinggalan sama tim lain huhu :(. Setelah itu kita mulai ngerti dan bisa jual-jual. Dibutuhkan kecepatan, strategi, dan stamina karena harus lari-lari hahaha. Zakiyah beberapa kali jatuh wkakaka terlalu bersemangat. Kita sering defisit, dan keuntungan sedikit. Di akhir periode, ternyata keuntungan tim kami paling banyak, senang sekali rasanya.. Setelah itu kami harus buat presentasi mengenai simulasi tersebut. pas presentasi, ada 3 dosen yang jadi jurinya. Kami ditanya-tanya banyak hal, karena isi presentasi kami saling berkontradiksi wkwkwk, udahlah pasrah aja.

Trus singkat cerita, sampai pada penghujung acara, pengumuman dan penutup. Juara 5 dibacakan yaitu dari SMA Gloria 1, selamattt buat temen gw hahaha. Juara 4, dari Blitar, taun lalu dia juara 3. Selamat jugaa!! Juara 3 dari Jogjakarta, WEW! selamat masbro! Deg-degan banget.... Kedua tim yang tersisa yaitu tim gw, sama tim dari SMAN 4 Denpasar dipanggil kedepan. Kami disuruh nunduk dan dibacakan siapa pemenangnya. Kejadian ini persis IE Games 10 th Edition dimana kedua tim yang tersisa adalah dari SMA 5 Surabaya dan SMA 4 Denpasar.

Dan.... yang menjadi juara 1 IE Games 11th Edition adalah........ TIM JEKI N THE GENGKZ DARI SMAN 5 SURABAYA! WUOOO PUJI TUHAN! Aahhhhh kita langsung teriak kegirangan dan ga percaya kalo bisa jadi juaranya! dapet Freepass TI ITS , dapet piala bergilir, dan dapet uang tunai! wah senangnya tidak bisa dilukiskan hahahah! Setelah itu kita di wawancara sama SBO TV dan diwawancara sama anak TI untuk jadi berita.

Foto pas Closing IE Games 11th Edition
SMALANE on IE Games 11th Edition!

Kenangan manis semanis dirimu HAHAHAH

Puji Tuhan! Untuk adik-adikku yang masih SMA, gunakan masa-masa SMA dengan baik, ikut IE Games ya taun depan! seru banget lho, dpt temen-temen baru, pengalaman, dan banyak lagi. Yang paling penting terus bekerja, belajar, dan berdoa. Mulai persiapan dari sekarang, belajar Matematika, Fisika, Ekonomi, dan materi teknik industri. Ora et Labora, Soli Deo Gloria!
















25 komentar:

  1. Ancen sangar dan memotivasi...

    BalasHapus
  2. Cie blog baru ((:

    BalasHapus
  3. Keren poll, sampek merinding aku bacanya

    BalasHapus
  4. hebat poll dan memotivasi tenan

    BalasHapus
  5. Bisa minta file pptnya gak mas?

    BalasHapus
  6. Hello, Bang Jerome wkekwkekwk πŸ˜‚πŸ˜…

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. ternyata kita pernah jadi saingan hahahah :v

    BalasHapus
  9. Hai bang jerr, aku baru tau bang jerome punya blog wkwk, motivasi banget isinya😍 makasih bang

    BalasHapus
  10. blog Jerome yang jarang orang tau wkwkkwk

    BalasHapus
  11. Like the first time i knew you...NGAKAK!

    Hi, Jer πŸ€£πŸ˜‚πŸ˜†πŸ˜„

    BalasHapus
  12. Akhirnya baca blog ini:)

    BalasHapus
  13. Baru tau bang jer punya blog

    BalasHapus
  14. Jadi orang besar itu emang ga ujug-ujug ya. Keren bang jer!

    BalasHapus
  15. Gg geming jer perjalanan hidupmu

    BalasHapus
  16. Tau blog ini gegara mintea baru xixixixi

    BalasHapus
  17. Halo bang jer, aku dari masa depan wkwkwk

    BalasHapus
  18. agak diluar nalar emang
    yang ngajarin nyesel gak tuh wkwk

    BalasHapus